Pengantar Bisnis Informatika
Pengertian Bisnis
Bisnis merupakan suatu organisasi yang
menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan
[Griffin & Ebert]. Secara keseluruhan, bisnis adalah
kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang
menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of
good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Aspek – Aspek Bisnis
· Keuntungan
individu dan kelompok
· Penciptaan
Nilai
· Penciptaan
Barang dan Jasa
· Keuntungan
melalui Transaksi
Elemen
dan Sistem Bisnis
1.
Modal (capital)
: Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
2.
Bahan-bahan (materials)
: Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
3.
Sumber Daya Manusia (SDM) : Kualifikasi SDM
yaitu memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.
Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
: Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata
kerja manajemen.
Fungsi Bisnis
· Fungsi
Mikro sangat berkontribusi terhadap pihak yang berperan langsung, seperti:
pekerja atau karyawan, dewan komisaris, pemegang saham, dll.
· Fungsi
Makro berkontribusi terhadap pihak yang tidak terlibat secara langsung, seperti
: masyarakat sekitar perusahaan, bangsa dan Negara
Pengertian Informatika
Informatika berkaitan erat dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Dapat dilihat pengertian dari Bisnis & Informatika diatas memiliki dua arti yang saling berbeda, tetapi jika kata tersebut di padu padankan memiliki suatu keterikatan yang mempunyai satu makna. Dapat disimpulkan bahwa: "Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet".
Beberapa contoh Bisnis Informatika :
·
E-Commerce
E-Commerce merupakan usaha yang
berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet dengan
kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web
penyedia e-commerce seperti http://www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan
adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang
kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di
inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus
terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu
sama seperti yang diharapkan.
·
Jasa
Warnet
Bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis
informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan
media teknologi informasi. Perkembangan bisnis warnet sangan pesat sekali
seiring dengan perkembagan internet, kita ambil contoh saja yaitu perkembangan
jejaring sosial seperti facebook, twiter , game online , dll. Semua itu akan
menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha warnet merupakan
peluang bisnis yang menjanjikan.
·
Penyedia
Jasa Berita dan infotainment online
Bisnis ini merupakan bisnin yang menyediakan jasa
berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang
kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti
goal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.
Peranan Teknlogi Informasi di
bidang Bisnis
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun
jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan
transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi
dengan cepat dan tepat.
Sistem informasi manajemen (Management Information
System –MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada
semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top
management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen
tingkat bawah (lower management).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah
dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali
komputer sehingga mesin dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang
kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan,
menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem
informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti
Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan
solusicore banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle
memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang
telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa
dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini
penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah.
Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem
integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki
nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi
kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong
inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran
melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut
terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan
berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan
bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha
baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari
yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang
lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan
komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line,
ATM, dan sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses
akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya.
Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi
akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan
jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan
pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam
usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
Post a Comment